Home » » Modul Materi PLPG 2013 Guru TK

Modul Materi PLPG 2013 Guru TK

Sebagai bahan belajar untuk Bapak Ibu Guru TK yang akan Mengikuti PLPG 2013 Sertifikasi Guru TK, semoga Materi ini bermanfaat

Jenis-jenis Emosi pada Anak Usia Dini
Stewart at all (1985) mengutarakan perasaan senang, marah, takut, dan sedih sebagai basic emotions.
a. Gembira
Setiap orang pada berbagai usia, mulai dari bayi hingga orang yang sudah tua mengenal perasaan yang menyenangkan. Pada umumnya perasaan gembira dan senang diekspresikan dengan senyum, atau tertawa. Dengan perasaan menyenangkan seseorang dapat merasakan cinta, dan kepercayaan diri. Perasaan gembira ini juga ada aktivitas reduksi stres (Izard dalam Stewart, 1985).
b. Marah
Emosi marah terjadi pada saat tuntutan yang berlawanan dengan keinginannya. Perasaan marah ini membuat orang seperti ingin menyerang “musuhnya”. Kemarahan membuat individu sangat bertenaga dan impulsif (mengikuti nafsu/keinginan), ia membuat otot kencang dan wajah merah (menghangat).
Berlet dan Izard (Stewart, 1985) menguraikan ekspresi wajah tatkala marah yang ditandai dengan dahi berkerut, tatapan tajam pada objek pencetus kemarahan, membesarnya cuping hidung, bibir ditarik ke belakang, memperlihatkan gigi yang mencengkeram, dan sering kali ada rona merah di kulit.
c. Takut
Perasaan takut merupakan bentuk emosi yang menunjukkan adanya bahaya. Menurut Helen Ross (dalam Simanjuntak, 1984) perasaan takut adalah suatu perasaan yang hakiki dan erat hubungan dengan upaya mempertahankan diri. Stewart (1985) mengatakan bahwa perasaan takut mengembangkan sinyal-sinyal adanya bahaya dan menuntun individu untuk bergerak dan bertindak. Perasaan takut ditandai oleh perubahan psikologis, seperti mata melebar, berhati-hati, berhenti bergerak, badan gemetar, menangis, bersembunyi, melarikan diri atau berlindung di belakang punggung orang lain.
d. Sedih
Dalam kehidupan individu akan merasa sedih pada saat ia berpisah dari yang lain, terutama berpisah dengan orang-orang yang dicintainya. Perasaan terasing, ditinggalkan, ditolak atau tidak diperhatikan dapat membuat individu bersedih. Selanjutnya Stewart at all (1985) mengungkapkan bahwa ekspresi kesedihan individu biasanya ditandai dengan alis dan kening mengerut keatas dan mendalam, kelopak mata ditarik ke atas, ujung mulut ditarik ke bawah, serta dagu diangkat pada pusat bibir bagian bawah.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.